ARTIKEL PALING POPULER

09 April 2010

Jeruk - Orange

Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae. Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya.

Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella, Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga, yaitu Citrus dan Papeda.

Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Pohon kecil, perdu atau semak besar, ketinggian 2-15 m, dengan batang atau ranting berduri panjang tetapi tidak rapat.

Daun hijau abadi dengan tepi rata, tunggal, permukaan biasanya licin dan agak berminyak. Bunga tunggal atau dalam kelompok, lima mahkota bunga (kadang-kadang empat) berwarna putih atau kuning pucat, [stamen] banyak, seringkali sangat harum.

Buah bertipe hesperidium, semacam buah buni, membulat atau seperti tabung, ukuran bervariasi dengan diameter 2-30cm tergantung jenisnya; kulit buah biasanya berdaging dengan minyak atsiri yang banyak.

Banyak bagian jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buahnya terkenal akan kandungan Vitamin C yang tinggi dan Asam Askorbik.

Vitamin C dapat membantu mencegah sariawan, pembengkakan, pendarahan gusi, mempercepat pemulihan, memperhalus kulit, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.

Sumber Vitamin

Vitamin C biasanya banyak ditemukan di bagian kulit, di bagian dalam kulit dan di dalam butiran kecil buah jeruk, berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan, memperkuat jaringan tubuh, tulang, pembuluh darah, membantu memperbaiki jaringan yang rusak , membantu penyerapan zat besi.

Carotene (Pro Vitamin A) berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, membantu pembentukan tulang. Thiamin (Vitamin B1) berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa, yang berperan sebagai tenaga bagi sistem syaraf dan otak dan mengurangi resiko katarak

Sumber mineral

Buah Jeruk juga mengandung banyak mineral, seperti kalsium, fosfor, potasium, dan zat besi. Kalsium, membantu pembentukan tulang dan gigi serta mengatasi masalah pembekuan darah dan menstabilkan reaksi otot dan syaraf. Fosfor, membantu pembentukan tulang dan gigi, Potasium, membantu menjaga sirkulasi tubuh, dan memperbaiki metabolisme sel dan otak. Zat besi, membentuk sel darah merah

Sumber Serat

Buah jeruk juga mengandung serat, yang dapat meningkatkan sistem pencernaan kita, mengurangi resiko kanker kolon dan penyakit jantung.

Agen Anti Kanker

Yang membuat buah berwarna orange adalah fotokimia. Jeruk, terutama lemon, sangat kaya akan Monoterpen yang mengandung dua jenis fotokimia: perilil alkohol dan limonen. Zat-zat ini efektif dalam menahan pengembangan kanker.

Sweet Orange mengandung Bioflavonoid, yaitu antioksidan yang mencegah kanker; Vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan; dan Limonoid untuk meningkatkan sistem kekebalan dan menghilangkan kanker.

Tentang Penulis
AsianBrain.com Content Team. Asian Brain adalah pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia. Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing Indonesia. Kunjungi situsnya: www.AsianBrain.com

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template