ARTIKEL PALING POPULER

22 April 2010

Dapatkah Jambu Merah menaikkan trombosit?

Psidium Guajava atau lebih dikenal sebagai jambu biji sudah dikenal lama sebagai obat alternative tradisional untuk Demam Berdarah. Sebagai pertolongan pertama, masyarakat ramai-ramai membuat jus jambu keluthuk atau jambu biji. Betulkah jus jambu biji dan ramuan herbal berikut ini bisa meringankan penyakit tahunan ini?

Meski tidak sedikit orang yang berhasil terselamatkan dari demam berdarah berkat jus jambu biji, harus diakui bahwa belum ada penelitian yang membuktikan secara ilmiah keampuhan jambu biji dalam mengatasi demam berdarah.

Tertolongnya pasien Demam Berdarah berkat jambu biji, bisa jadi bukan karena jambunya, melainkan cairan jus yang masuk ke tubuh pasien dalam jumlah banyak. Cairan itu, apalagi jika diminum sampai 5 atau 6 gelas sehari, amat dibutuhkan pasien yang kehilangan banyak plasma darah akibat penurunan trombosit. Maka cairan apa pun, entah air biasa atau air larutan gula dan garam atau jus buah lain bisa membantu proses penyembuhan pasien demam berdarah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Minuman dalam kemasan kaleng yang mengandung zat elektrolit juga dianjurkan diberikan pada pasien.

Mekanisme kerja jambu biji dalam peningkatan jumlah trombosit –> Tanin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quersetin dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse transkriptase, yang berarti khasiat untuk mengatasi penyakit demam dengan menghambat pertumbuhan virus berinti RNA. Bahan itu juga disebutkan mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping

Yang ingin ditekankan adalah jus jambu biji tidak boleh diberikan sebagai terapi tunggal. Sampai sekarang pun Demam Berdarah belum ada obatnya dan terapi yang dierikan hanya sebatas menjaga kondisi tubuh agar tidak shock. Beberapa pihak pun setuju bahwa pemberian jus jambu biji sangat bermanfaat dalam hal vitamin C dan cairan yang dapat membantu proses penyembuhan.

-Herman Purnomo-

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template