ARTIKEL PALING POPULER

17 April 2010

Game untuk anak yang mendidik

Apa itu Educational Game?

Video Game dan Game Komputer populer luar biasa beberapa dasawarsa terakhir. Manusia dari segala usia menikmati bermain games di komputer sebagai salah satu bentuk hiburan. Sudah tidak terkejut lagi jika game computer sangat popular di antara anak-anak. Para pengajar memanfaatkan momen ini untuk menciptakan game komputer khusus untuk anak-anak. Video game atau Game Komputer ini sering disebut sebagai “permainan pendidikan” atau “edutainment”. Mereka mendesign game untuk mengajar sehingga anak-anak dapat belajar sambil mereka bermain.


Video Game atau Game komputer untuk anak-anak mendorong mereka untuk belajar bagaimana harus menyelesaikan teka-teki, mempelajari kondisi mereka atau belajar kemampuan baru sebelum mereka dapat naik ke level yang berikutnya. Beberapa game komputer membuat anak-anak bisa membuat rencana kedepan sehingga dapat mengembangkan strategi berpikir mereka. Setelah mereka berusaha menyelesaikan permainan tersebut, biasanya kemampuan itu dirubah dalam bentuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari.
Video game dan Game komputer yang digunakan untuk pendidikan sekarang menjdai topic utama diantara para pengajar. Komputer dan video game sering digambarkan sebagai hiburan yang merusak lebih dari pada hal-hal baik yang ada dibaliknya. Bagaimanapun juga akhirnya mereka dapat menunjukkan hasil yang sebaliknya. Karena alasan ini, banyak sekolah di Amerika dan Inggris telah memulai memasukkan permainan pendidikan dalam kurikulum mereka.

Sejarah Educational Game

Game komputer pertama yang diciptakan dan yang paling terkenal adalah The Oregon Trail. Game ini dikembangkan sejak 1971 oleh 3 (tiga) guru di Minnesota. Salah satu guru puny aide untuk menciptakan video game berdasarkan sejarah suasana kelas dimana dia pernah mengajar sebelumnya. Tahun 1974, game itu dapat tersebar ke seluruh Minnesota. Versi Apple dibuat pada tahun 1978, dan sangat popular. Kemudian pengembangan dari game tersebut dikeluarkan pada tahun 1980, 1985, 1992, dan 1997. Dan akhir 2009, versi terakhir dikeluarkan untuk iPhone. 

Siapa yang memerlukan Game ini?

Game ini sangat baik untuk pengajar dan orang tua. Banyak orang tua yang melarang anak-anak untuk bermain game dan lebih suka anak-anak mereka untuk membaca atau bermain dengan mainan mereka. Jika anak-anak meminta untuk main video game, sebenarnya ini kesempatan bagus tergantung jenis game apa yang diperbolehkan. Orang tua boleh merasa tenang ketika anak-anak merka bermain video game atau game komputer karena anak-anak mereka dapat belajar sekaligus bersenang-senang.

Para pengajar selalu mencari jalan untuk mengajar anak didik mereka dengan cara yang menyenangkan. Game komputer atau video game adalah salah satu jalan yang dapat mewujudkan impian para pengajar.

-DKEC-

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template