ARTIKEL PALING POPULER

14 April 2011

Daya Serap Anak Terhadap Lingkungan

Seorang anak bisa tumbuh dengan baik jika dia berada dalam lingkungan keluarga yang baik. Percaya tidak kalau anak itu bisa menyerap dengan speed yang luarbiasa cepat? Mulai sejak masih bayi dia sudah bisa menyerap dari sekelilingnya melalui indera yang dia miliki.

Mulai dari mata, dia akan memperhatikan gerak-gerik orang tuanya saat memeluk, menyusui, berbicara, memandikan, menimang-nimang atau menggendong dia.

Dengan telinga, dia akan mendengar suara orang-orang yang ada disekitar dia. Ketika anda berbicara dengan dia, ketika anda bercanda dan membuat dia tertawa. Namun ketika anda berbicara kasar, meski bukan dengan bayi kita, si bayi akan tetap menyerapnya dan menyimpan dalam memorinya yang masih kosong.

Dengan kulit, dia merasakan jika dia ditimang-timang dengan penuh kasih sayang atau sedang disia-siakan atau bahkan dibenci. Gerakan kita mengekspresikan yang di dalam hati dan bayi kita merasakannya.

Mengapa sering ada pepatah : "fruits fall not far from its tree" karena secara tidak langsung anak kita kan menirukan orang tuanya. Dan anak-anak ini punya daya imajinasi dan creativity lebih dalam menterjemahkan apa yang dia terima secara implisit.

Belum lagi kalau anak kita sudah mulai dewasa dan mereka sudah mulai bermain dengan teman-temannya. Mereka akan dengan sendirinya "import" kata-kata yang tidak pernah kita ajarkan, termasuk kata-kata kotor, kata-kata yang merendahkan dan makian. Mereka akan sangat fasih dalam menggunakan kata-kata tersebut karena mereka lebih creative.

Semakin besar anak, semakin banyak yang akan dia pelajari di sekelilingnya. Termasuk dari internet. Itu sudah sulit dibendung.

Bersyukurlah jika kita dikaruniai anak yang baik-baik. Dan jika anda menemukan hal yang kurang baik dari diri anak, usahakan diubah sejak anak masih kecil. Mungkin mereka kita disiplin atau bagaimana yang penting lebih baik mereka menangis waktu masih kecil daripada kita yang menangis jika kelak mereka sudah dewasa.

-mojo-

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template