ARTIKEL PALING POPULER

12 November 2010

Peran ICT Dalam Pendidikan di Indonesia

Para pelajar sekolah tingkat dasar, menengah dan mahasiswa perguruan tinggi di negara-negara maju saat ini telah 'berlari' meninggalkan siswa-siswa di negara berkembang termasuk Indonesia dengan memanfaatkan teknologi ICT (Information and Communication Technology) secara luas dalam proses pembelajaran mereka.

Bagaimana dengan Indonesia? Meskipun tertinggal, Indonesia tidak tinggal diam. Pemerintah dan sekolah-sekolah serta perguruan tinggi sudah melakukan cukup bantak upaya untuk menerapkan ICT dalam proses pendidikan dan pembelajaran.

Namn program pengembangan ICT tersebut tampaknya belum merata di berbagai wilayah Indonesia serta belum didasarkan pada sebuah cetak biru yang komprehensif.

Terdapat 3 hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pengembangan ICT di dalam setiap lembaga:
  1. Pemanfaatan teknologi harus dilakukan dengan target efektivitas di lapangan, dan bukan sekedar kepemilikan saja. Seringkali investasi hanya berhenti sampai pada tahap dimana sistem sudah terinstalasi dan pengguna sudah terlatih. Memiliki perangkat keras dan lunak bukan berarti mampu memanfaatkannya secara efektif.
  2. Perangkat teknologi seharusnya digunakan untuk mencapai tujuan strategis pendidikan dan bukan hanya didorong oleh perkembangan terkini teknologi. Artinya teknologi yang diterapkan harus menunjang strategi, serta pencapaian target dan visi/misi organisasi. Tidak semua teknologi yang ada perlu diterapkan, apalagi bila hanya sekedar ikut arus.
  3. Pengembangan ICT harus dilakukan secara sistematik dengan cetak biru dan roadmap yang jelas. Pengambangan yang sporadik alias sepotong-sepotong akan menimbulkan masalah integrasi dan biaya yang tinggi di kemudian hari.
Sumber: Ir. Samuel Tarigan, MBA - Tabloid Keluarga

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template