ARTIKEL PALING POPULER

11 November 2010

Anak Sehat & Bugar


Betapa bahagianya orang tua, jika setiap bangun tidur bisa melihat anak-anak mereka bermain, bahkan saat sang anak berpamitan untuk berangkat ke sekolah, anak-anak kita dalam keadaan sehat dan bugar. Begitu pula dengan kebalikannya, betapa susahnya kita dan hancur hati kalau kita melihat anak-anak hari ini sedang tergeletak sakit di tempat tidur atau di rumah sakit. Kesehatan anak sangat berarti.

Untuk mencegah hal di atas kita perlu mendesain atau merencanakan gizi yang baik. Diharapkan dengan gizi yang cukup, maka anak-anak kita tidak bisa jatuh sakit, karena pencegahan lebih baik dari pada mengobati.
TIPS
  1. Hindari panas berlebih. Gunakan payung dan topi untuk si kecil karena panas yang berlebih pada kepala anak akan memicu hormon androgen meningkat sehingga memicu timbulnya ketombe.
  2. Kalau anak kita terjatuh, segera tanyai bagian mana yang sakit. Jika menangis usahakan diam dengan janji yang menyenagkan, kalau belum berhenti berarti ada yang mencurigakan. Anda harus periksa kalau ada yang bengkak, beri obat sirup anti sakit yang ringan, kalau menunjukkan gejala muntah harus segera dibawa ke UGD terdekat (jangan lupa doakan selama perjalanan ke UGD)'
  3. Sabun antiseptik. Anak-anak selalu suka berenang, karena itu gunakan sabun antiseptik terutama habis mandi di kolam renang umum, untuk menghidari bakteri dan jamur.
  4. Atasi demam. Demam adalah salah satu gangguan kesehatan ayng kerap diderita anak di musim pancaroba. Ini bisa jadi lantaran baru di musim pancaroba inilah anak-anak digempur serangan berbagai kuman (biasanya virus) secara besar-besaran. Demam bukan penyakit melainkan gejala tubuh tengah membangun pertahanan melawan infeksi. Lebih tepatnya, demam bisa merupakan gejala aneka penyakit. Mulai infeksi ringan sampai yang serius, beri saja obat penurun demam secukupnya atau hubungi dokter anak Anda.
  5. Pastikan mereka minum cukup air, karena kekurangan cairan pada mereka tidak diharapkan, terutama saat mereka bermain atau habis BAB.
  6. Pastikan mereka tidur cukup, karena kekurangan istirahat pada si kecil bisa menghambat pertumbuhan fisik mereka.
  7. Pastikan mereka bermain bukan menonton TV, karena bermain bisa menguatkan tulang mereka, sedangkan menonton TV kurang baik terhadap kesehatan mata mereka, terutama menonton film lebih dari 2 jam.
Sumber: Yohanes Sunardi - Tabloid Keluarga

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template