ARTIKEL PALING POPULER

05 May 2010

Alpukat - Avocado

Pada awalnya banyak ahli berpendapat bahwa asal buah ini dari Amerika Tengah dan Selatan. Terutama ketika ditemukan laporan penjelajah Herman Cortez (1519) ketika tiba di Meksiko, bahwa orang-orang Indian Aztec, Maya dan Inca sangat terbiasa mengkonsumsinya.

Namun ternyata ia hanyalah tanaman pendatang di Amerika. Asli tanaman ini dari Persia. Oleh sebab itulah nama botani Alpukat Persea American atau Persea gGatissima Gaertn, yang termasuk ke dalam famili Lauraceae.

Diduga ada ratusan jenis alpukat varitas budidaya (kultivar). Di Indonesia dikenal sekitar duapuluh jenis. Varitas unggul dan enak buah ini memiliki ciri-ciri berdaging buah tebal, lembut, empuk, gurih, tidak berserat dan tidak terasa pahit.

Semua varietas buah ini memiliki kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang prima, apapun jenisnya.

Bentuk buah dan warna kulit dibedakan sebagai jenis hijau bulat, hijau panjang (elips), merah tembaga panjang, merah tembaga bulat. Menurut Departemen Pertanian, alpukat yang enak adalah yang hijau panjang, bentuk ujungnya tumpul dan bagian pangkalnya mengecil. Ketika masih muda, buahnya berwarna hijau segar, semakin matang warnanya berubah menjadi merah tembaga.

Alpukat termasuk buah yang istimewa karena kandungan lemaknya 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan lemak ini dapat memberikan energi yang cukup tinggi ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang dikandung buah ini termasuk lemak tak jenuh, sehingga mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. Kandungan lemak ini memberikan energi yang cukup tinggi dengan rasa yang gurih dan lezat serta tidak pahit.

Kandungan nutrisi dalam satu buah alpukat adalah sebagai berikut :

1. 95 mg fosfor
2. 23 mg kalsium
3. 1,4 mg zat besi
4. 9mg sodium
5. 1,3mg potasium
6. 8,6 mg niacin
7. 660 I.U. Vitamin A
8. 82 mg Vitamin C

Buah alpukat banyak mengandung mineral yang kesemuannya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia.

Alpukat juga merupakan sumber Vitamin E dan beberapa Vitamin B. Kandungan serat buah ini secara simultan juga dapat membantu proses pencernaan. Ia juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.

Manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan adalah :

1. Sumber Vitamin E dan B
2. Menurunkan kolesterol darah
3. Melembabkan kulit
4. Membantu regenerasi darah merah
5. Mencegah anemia
6. Mencegah konstipasi
7. Mencegah malnutrisi
8. Sumber kandungan lemak tak jenuh

Buah Alpukat kaya akan lemak yang baik atau yang disebut dengan LDL yaitu kholesterol yang cukup dan yang justru kalo terlalu rendah ga baik buat kesehatan. Jadi cholesterol nggak selamanya jahat. Jenis cholesterol inilah yang buat menyeimbangkan sama cholesterol jahat. Dulu bokap gua sakit jantung gara2 cholesterolnya ketinggian terus jaga makan (ngga makan lemak2, banyak makan sayur) akhirnya cholesterol jahatnya turun, tapi cholesterol baiknya ikutan turun sampe dalam batas ga normal. Jadi intinya orang harus menyeimbangkan antara cholesterol yg jahat sama yg baik. Asal dua2nya dalam batas normal tidak ada masalah

Tentang Penulis
AsianBrain.com Content Team. Asian Brain adalah pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia. Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing Indonesia. Kunjungi situsnya: www.AsianBrain.com

5 Masukan:

Unknown on June 11, 2018 at 3:57 PM said...



QNC JELLY GAMAT
OBAT ASAM URAT

luckys on June 6, 2019 at 6:11 PM said...

showbox

luckys on June 6, 2019 at 6:12 PM said...

showbox

Lucky Patcher on July 7, 2019 at 1:17 AM said...

vumoo

Mod Go on July 13, 2019 at 8:15 PM said...

apps software whatsapp groups

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template