ARTIKEL PALING POPULER

04 May 2010

5 Cara Menyusui Bayi Kembar

Anda akan memiliki bayi kembar atau baru saja dianugerahi bayi kembar?  Anda mungkin bertanya : "Cukup ngga ya ASI saya?" Sebelumnya  kami mengucapkan Selamat kepada Saudara atas lahirnya Anak Kembar. Artikel sebelumnya mengenai menyusui bayi semoga berguna bagi Anda. Nah, ada 5 tips atau cara penting yang sering ditanyakan oleh orang tua dalam menyusui bagi bayi kembar.

ASI Anda Cukup Kok!

Secara teori, produksi ASI Anda dipengaruhi oleh “permintaan”. Jika Anda memiliki 3 bayi pun, produksi ASI Anda akan mengikuti permintaan ketiganya… Namun begitu, Anda tetap harus memngkonsumsi makanan yang bergizi dan ber-protein, buah-buahan serta sayuran. Anda juga memerlukan asupan kalori dan cairan yang lebih dibandingkan ibu yang menyusui 1 bayi.

Susui Secara Bersamaan

Hampir semua ahli menganjurkan agar Anda menyusui bayi kembar Anda secara berbarengan. Kalau tidak, Anda bisa bayangkan betapa lelahnya jika harus menyusui bayi yang lain setelah selesai menyusui yang pertama! Ada 2 posisi yang sering digunakan untuk melakukannya:
  • Posisi di bawah ketiak
  • Posisi mengayun

Anda bisa menyusui keduanya dengan menggendong mereka masing-masing pada ketiak Anda, dengan posisi bayi agak tegak. Gunakan bantal untuk membantu. Atau, Anda juga bisa menyusui mereka dengan posisi seperti mengayun, di mana posisi bayi lebih rebah dan mereka bersilangan satu sama lain. Terkadang ada ibu yang mengkombinasikan kedua posisi ini. Yang jelas, temukan yang nyaman untuk Anda dan mereka…

Bergiliran

Gilirkan bayi Anda, jangan membiarkan mereka untuk menyusu dari payudara sisi yang itu-itu terus. Hal ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan pemberian ASI untuk kedua bayi Anda, sekaligus menyeimbangkan produksi ASI kedua payudara. Jika misalnya salah satu bayi kembar Anda lebih kuat menyusu, dengan menggilir seperti ini, produksi ASI Anda akan seimbang.

Bantu dengan Susu Formula Jika Diperlukan

Ini diperlukan, terutama jika Anda memiliki kembar 3 atau lebih. Jika Anda memiliki bayi kembar 3 misalnya, maka Anda bisa menyusui mereka secara berbarengan dengan cara memberikan ASI kepada yang 2 dan memberikan susu formula pada saat yang sama pada yang satunya. Terus pergilirkan “jatah” ketiganya, sehingga setiap bayi memperoleh banyak ASI dan sedikit susu formula.

Bantuan Orang Lain

Anda akan sangat lelah pada minggu-minggu pertama setelah melahirkan bayi kembar. Oleh karena itu, libatkan orang-orang terdekat Anda untuk membantu pekerjaan Anda, apa yang mereka bisa. Sebagai contoh, Anda bisa memompa ASI Anda dan menyimpannya di lemari pendingin. Setiap kali bayi Anda terbangun di malam hari, Anda bisa meminta tolong suami Anda atau anggota keluarga yang lain untuk memberikannya kepada si kecil.

Sukses menyusui dan merawat si kembar ya…

Sumber : ruangkeluarga.com

1 Masukan:

Fitriani Susilo on November 19, 2018 at 3:57 PM said...

yang punya anak satu aja ini kelimpungan untuk ngasih asinya apalagi yang punya bayi kembar ya, ini tips cara menyusui bayi kembar sangat bermanfaat nih buat ibu2 yang baru ngelahirin bayi kembar.

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template