ARTIKEL PALING POPULER

28 February 2010

Persik - Peach

Hampir semua orang menyukai buah persik atau peach (Prunus presica). Selain rasa yang manis, asam menyegarkan, buah ini juga sangat kaya kandungan vitamin, serat dan mineral penting lainnya. Buah ini juga bersifat anti-aging, meningkatkan kekebalan tubuh dan bersifat detoksifikasi atau membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Persik termasuk keluarga stone fruit atau buah-buahan berbiji keras. Menurut literatur, buah ini berasal dari dataran Cina, konon buah ini sudah tumbuh di sana semenjak 3000 tahun lalu.

Kini buah persik dapat dibudidayakan hampir di seluruh belahan bumi, terutama di dataran tinggi yang berhawa sejuk.

Sepintas karakteristik pohonnya mirip tanaman apel. Pohon akan berbuah lebat pada kisaran bulan Juni hingga September. Bunganya muncil di pangkal batang muda, beberapa bulan kemudian akan menjadi buah bergelantungan di setiap pangkal batang.

Persik muda berwarna kehijauan, seiring dengan matangnya buah, kulit akan berubah kuning kemerahan. Buah ini mempunyai banyak varietas. Dari puluhan jenis yang ada, varietas yellow peach dan white peach paling banyak dijumpai.

Sepintas bentuk dan citarasa persik mirip dengan buah plum atau apricot. Bedanya buah ini mempunyai kulit luar berbulu, daging lebih empuk, banyak mengandung air dan aromanya lebih harum. Kebanyakan orang mengkonsumsi buah ini hanya sebagai buah meja. Padahal, buah dengan citarasa manis, asam segar ini bisa diolah menjadi beragam hidangan.

Buah segar bisa dibuat juice, isi pie, fruit compote, atau campuran puding. Di pasaran juga dijual buah olahan dalam sirup atau manisan kering. Buah dalam larutan sirup, cocok sebagai campuran fruitcocktail, isi puding atau pie. Untuk buah kering, bisa dijadikan isi roti, cake atau campuran cookies.

Mengolah persik segar terkadang perlu dikupas kulitnya. Untuk memudahkan mengupas, rendam buah dalam air panas selama 15 menit, angkat dan masukkan ke dalam air dingin. Kini Anda dapat mengupas kulit buah dengan mudah. Jika hendak diolah, jangan memasaknya terlalu lama karena tekstur buah sangat lembut dan cepat matang.

Didalam buah persik terkandung beragam vitamin, mineral dan zat gizi lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut USDA Nutrient Database, setiap 100 gr buah matang terkandung 43 kal kalori, 2.0 g serat,66 mg Vitamin C, 535 IU vitamin A, 0,700 mg vitamin E dan beragam mineral penting lainnya.

Penelitian ilmiah punya fakta lain, mengkonsumsi persik secara teratur menjadikan tubuh tercukupi kebutuhan serat, terhindar dari kanker colon, memperlancar proses pencernaan dan gangguan sembelit. Buah ini juga kaya vitamin C dan E yang dapat mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, antioksidannya mencegah penuaan dinidan mencegah kanker.

Peran Beta carotene terkandung lain lagi, zat inidapat mencegah gangguan flu ringan dan membuat tubuh lebih tahan terhadap gangguan berbagai penyakit karena daya tahan tubuh meningkat.

Buah persik sangat berguna bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian di China, semakin sering mengkonsumsi buah yang mengandung 60 kalori per slice-nya ini, maka akan semakin terlindungi dari ancaman kanker payudara dibanding yang tidak memakannya.


Tentang Penulis
AsianBrain.com Content Team. Asian Brain adalah pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia. Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing Indonesia. Kunjungi situsnya: www.AsianBrain.com

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template