ARTIKEL PALING POPULER

13 February 2010

Mengkudu

Mengkudu (Morinda citrifolia, Linn.) termasuk jenis kopi-kopian, tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian tanah 1500 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini merupakan tumbuhan asli dari Indonesia, mempunyai batang tidak terlalu besar dengan tinggi pohon 3-8 m. Daunnya bersusun berhadapan, panjang daun 20-40 cm dan lebar 7-15 cm.

Bunganya berbentuk bunga bongkol yang kecil-kecil dan berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong dengan variasi trotol-trotol. Bijinya banyak dan kecil-kecil terdapat dalam daging buah. Pada umumnya tumbuhan mengkudu berkembang biak secara liar di hutan-hutan atau dipelihara orang pinggiran-pinggiran kebun rumah.

Berikut beberapa manfaat dari buah ini adalah:

Hipertensi

Siapkan 2 buah yang telah masak di pohon diperas untuk diambil airnya , dicampur dengan 1 sendok makan madu sampai merata dan disaring. Diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Sakit Kuning

2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon diperas untuk diambil airnya, dicampur dengan 1 potong gula batu. Diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Sakit Perut

2-3 daunnya ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin disaring dan diminum.

Demam (masuk angin dan infuenza)

1 buah Mengkudu dan 1 rimpang kencur; direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Batuk

1 buah Mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut); kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Menghilangkan sisik pada kaki

Bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu yang sudah matang di pohon sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Berikut kandungan yang terdapat pada buah ini :
  • Zat nutrisi: secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daunnya. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada buah ini merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung: xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
  • Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan).
  • Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
  • Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada buah ini paling efektif melawan sel-sel abnormal.
  • Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapta di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah ini hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Tentang Penulis
AsianBrain.com Content Team. Asian Brain adalah pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia. Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing Indonesia. Kunjungi situsnya: www.AsianBrain.com

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template