ARTIKEL PALING POPULER

05 February 2010

Apel - Apple

Apel sudah tidak asing lagi bagi kita. Sekitar 75.000 tahun, buah ini dikonsumsi oleh manusia. Selain itu, buah yang kaya serat dan vitamin ini digemari oleh masyarakat Yunani Kuno dan Roma.

Namun, sampai saat ini, daerah asal muasal apel belum jelas diketahui. Akan tetapi, sebagian orang berpendapat, apel pertama kali ditemukan di daerah antara Kaspia dan Laut Hitam. Sebagian lagi mengatakan, apel telah dikenal orang pada zaman prasejarah di sekitar danau di Swiss.


Di Amerika Serikat, menurut catatan Massachusetts Bay Company, apel mulai ditanam di New England pada 1630. Sejak saat itu, apel menjadi buah yang sangat tersohor. Bibit apel sendiri dibawa oleh para misionaris, pedagang, dan penduduk lokal Amerika Serikat sendiri.

Cara Mengkonsumsi Apel

Apel, selain segar dikonsumsi langsung, dengan kandungan gizinya yang banyak, juga bisa dibuat menjadi penganan ringan seperti keripik. Air yang dikandung apel berisi asam yang menyegarkan. Mengunyah apel dengan suaranya yang bergelutuk memberikan kesan spesial tersendiri. Jus yang dihasilkan juga bercitarasa manis dan dari waktu ke waktu tak pernah jemu diteguk para penggemarnya.

Kandungan Nutrisi Apel

* Kaya serat
* Kandungan vitamin C dan potasiumnya yang tinggi
* Rendah sodium
* Rendah lemak, cocok untuk diet.

Klasifikasi Ilmiah Apel
Family: Rosaceae
Genus: Malus

Cara Menyimpan Apel
Tempat yang cocok untuk menyimpan apel adalah lemari es. Agar apel tidak menjadi cokelat setelah dibelah, taruh potongan apel tersebut di dalam mangkuk dan berilah dua sendok makan perasan jeruk nipis.

Kandungan Vitamin dan Mineral (Per 100 gram)
Energi yang dikandung: 207 kJ/Kcal
Air: 84%
Serat: 2.3 g
Lemak: 0 g
Protein: 0.4 g
Gula: 11.8 g
Vitamin A: 2 ug
Vitamin C: 15 mg
Vitamin B1: 0,02 mg
Vitamin B2: 0,01 mg
Vitamin B6: 0,05 mg
Vitamin E: 0,5 mg

Tentang Penulis
AsianBrain.com Content Team. Asian Brain adalah pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia. Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing Indonesia. Kunjungi situsnya: www.AsianBrain.com

0 Masukan:

Post a Comment

 

Statistik Blog

Daftar Teman

Check This Out

adf.ly - shorten links and earn money!
dk-educlub.blogspot.com Copyright © 2010-2011 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template